1
Sampai saat ini komputer sudah
mengalami perubahan dari model awalnya,
walaupun begitu semua komputer
memiliki arsitektur dasar yang sama. Skema komputer
(computer schema), adalah
diagram yang menggambarkan unit-unit dasar yang terdapat
dalam semua sistem komputer.
1. Central processing unit (CPU),
yang mengendalikan semua unit sistem komputer
yang lain dan mengubah input
menjadi output.
• Primary storage
(penyimpanan primer), berisi data yang sedang diolah
dan program.
• Control unit
(unit pengendali), membuat semua unit bekerja sama sebagai
suatu sistem
• Arithmatika and
logical Unit , tempat berlangsungkan operasi
perhitungan matematika dan
logika.
2. Unit Input, memasukkan
data ke dalam primary storage.
3. Secondary storage (penyimpanan
sekunder), menyedikan tempat untuk
menyimpan program dan data saat
tiak digunakan.
4. Unit Output, mencatat
hasil pengolahan.
I. Peralatan
Input
Beberapa alat input memiliki
fungsi ganda, yaitu sebagai alat input dan juga
sebagai alat output untuk
menghasilkan data. Alat input/ouput demikian dikenal dengan
terminal. Alat input
dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak
langsung. Bila terminal
dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya jauh dari
terminal melalui alat komunikasi,
maka disebut dengan nama Remote Job Entry (RJE)
terminal atau Remote
Batch terminal.
Control unit
Aritmathic
logical unit
primary
storage
Data input Data
output
Secondary
storage
2
Alat input langsung memungkinkan
input diproses secara langsung oleh CPU
melalui alat input tanpa terlebih
dahulu dinmasukkan ke dalam media penyimpanan
ekternal. Alat input langsung
terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing
device, scanner,
voice recognizer.
Alat input tidak langsung ,
dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses
oleh CPU, tetapi direkam terlebih
dahulu ke suatu media mechine readable form (bentuk
yang hanya dapat dibaca oleh
komputer dan merupakan penyimpanan ekternal). Alat
input tidak langsung terdiri
dari: key-to-card, key-to-tape, key-to-disk.
Input hardware digunakan untuk
mentranmisikan data ke processing dan storage
hardware. Peralatan yang paling
popular untuk memasukkan data yaitu kombinasi antara
keyboard dan layar monitor. Layar
monitor dianggap sebagai bagian dari input hardware
kerena digunakan untuk memeriksa
apakah data yang akan dimasukkan telah diketik.
Disamping jenis input hardware di
atas, terdapat juga input harware lainnya yaitu mouse,
scanner, voice recognition,
handwriting device, machine data input (misalnya :
modem),light pen, dan bar code
reader.
Voice recognition device dipakai
untuk memasukkan suara manusia ke dalam
signal interpreter. Kebanyakan
voice system yang digunakan sekarang mempunyai
vocabulary yang kecil dan harus
dilatih untuk mengenal kata-kata tertentu. Caranya,
seseorang membacakan sebuah
daftar kata-kata yang biasa digunakan sehingga signal
interpreter dapat menetapkan
polanya. Misalnya pekerja menyebut box yang mereka
bawa. Voice input diperlukan
karena tangan pekerja sibuk dan tidak dapat mengetik atau
memanipulasi peralatan ketik
input device lainnya.
Hardwriting recognition device
digunakan untuk memasukkan data dengan cara
menulis pada elektronis yang
sensitive. Karakter-karakter tersebut dikenal dan
dimasukkan ke dalam system
computer, biasanya suatu system PC (personal computer).
3
Modem merupakan salah satu jenis
alat input data untuk menghubungkan
kkomputer dengan computer lain
melalui jaringan telepon. Jenis input hardware lainnya
yaitu light pen yang digunakan untuk
menunjuk item-item pada layar monitor dan bar
code reader yang biasa digunakan
di supermarket untuk mengidentifikasi suatu jenis
barang.
1. 1 Keyboard
Penciptaan keyboard komputer
diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar
rancangannya di buat dan di
patenkan oleh Christopere Lathan pada tahun 1868 dan
banyak dipasarkan pada tahun 1877
oleh Perusahaan Remington.
Keyboard computer pertama
disesuaikan dari kartu pelunbang(punch card) dan
teknologi p[engiriman tulisan
jarak jauh(teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC
menggunakn pembaca kartu pembuat
lubang(punched card reader) sebagai alat input dan
output,
Bila mendengar kata “keyboard”
maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah
kompyter, karena keyboard
merupakan sebuahpapan yeng terdiri dari tombol-tombol
untuk mengetikkan kalimat dan
symbol-simbol khisus lainnya pada computer. Keyboard
dalam bahasa Indonesia artinya
papan tombol jari atau papan tuts,
Pada keyboard terdapat
tombol-tombol huruf (alphabet A-Z, a-z, angka(numeric),
0-9, tombol dan karakter khusus
seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = / , . ? “ ‘ : ; \ |,
tombol fungsi (F1-F12), serta
tobol-tobol khusus lainnya yantg jumlah seluruhnya adalah
104 tuts. Sedangkan pada mesin
ketik jumlah tutsnya adalah 52 tuts. Bemtuk keyboard
umumnya persegi panjang, tetapi
saat ini model keyboard sangat variatif.
Dahulu orang banyak yang
menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun
mesin ketik listrik. Keyboard
mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin
ketik. Perbedaannya terletak pada
hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan
mesin ketik, kita tidak dapat
menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah
diketikan dan setiap satu huruf
atau symbol kita ketikan maka hasilnya langsung kita liat
pada kertas.tidak demikian dengan
keyboard. Apa yang kita ketikan hasil atau
keluarannya dapat kita lihat
dilayar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat
memodifikasi atau melakukan
perubahan-perubahan bentuk tulisan ,kesalahan ketikan
dan lainnya.
4
Keyboard dihubungkan ke computer
dengan sebuah kabel yang terdapat pada
keyboard. Ujung kabel tersebut
dimasukan kedalam port yang terdapat pada CPU
computer.
1. 2 Mouse
Pada dasarnya, penunjuk (pointer)
yang dikenal dengan sebutan”Mouse” dapat
digerakan kemana saja berdasarkan
arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse.
Jika kita membuka dan
mengeluarkan bola kecil yang terdapat dibelakang mouse, maka
akan terlihatdua pengendali gerak
didalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat
bergerak bebas dan mengendalikan
pergerakan penunjuk yang satu kearah horizontal
(mendatar) dan satu lagi Vertikal
(atas dan bawah ).
Jika kita hanya menggerakan
pengendali horizontal maka penunjuk hanya akan
bergrak secara horizontal saj
pada layar monitor computer. Dan sebaliknya jika penunjuk
vertical yang digerakan, maka
penunjuk hanya bergrak secara vertical saja dilayar
monitor.jika keduanya kita
gerakan maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi
diagonal. Jika bola kecil
dimasukan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan
menggerakan kedua pengendali
gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita
gerakan.
Pada sebagian besar mouse
terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua
tombol yang berfungsi, yaitu
tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari
penekanan tombol atau yang di
kenal dengan istilah “click” ini tergantung pada object
(daerah) yang kita tunjuk.
Computer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila
tidak mengenai area atau object
yang tidak penting.
Kemudian dalam penggunaan mouse
juga kita kenal dengan istilah “Drag” yang
artinya menggeser atau menarik.
Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa
melepaskannya dan sambil
menggesernnya, salah satu akibatnya object tersebut
berpindah atau menjadi pindah
(tersalin) ke object lain dan terdapat kemungkinan
lainnya. Kemungkinan-kemungkinan
ini tergantung pada jenis program aplikasi apa yang
kita jalankan. Mouse terhubung
dengan computer dengan sebuah kabel yang terdapat
pada mouse. Ujung kabel tersebut
dimasukan pada port yang terdapat di CPU computer.
5
1. 3 Scanner
Scanner adalah suatu alat
elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin
foto kopi. Mesin foto kopi
hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan
scanner hasilnya ditampilakn pada
layar monitor computer dahulu kemudian baru dapat
dirubah dan dimodifikasi sehingga
tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian
dapat disimpan sebagai file tekx,
dokuman dan gambar.
Bentuk dan ukuran scanner
bermacam-macam, ada yang besarnya
seukuran dengan kertas folio, ada
juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru
berbentuk pena yang baru
diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc.
scanner berukuran pena tersebut
bisa menyimpan hingga 1000 halaman teks cetak dan
kemudian mentranfernya ke sebuah
computer pribadi (PC). Scanner berukuran pena
tersebut dinamakan “Quicklink”.
Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan
beratnya sekitar tiga ons.
Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan
pekerjaannya secara acak lebih
cepat dari scanner yang berbentuk datar. Data yang telah
diambil dengan scanner itu, bisa
dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi computer
yang mengenali teks ASCII.
Perbedaan tiap scanner dari merbagai merk terletak pada
pemakaian teknologi dan
resolusinya. Pemakaian tekologi misalnya penggunaan tombol
digital dan teknik pencahayaan.
Cara kerja
scanner :
Ketika kita menekan tombol mouse
untuk memulai scanning, yang terjadi adalah :
1. penekanan tobol mouse dari
computer mwnggerakan pengendali kecepatan pada
mesin scanner. Mesin yang
terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses
pengiriman ke unit scanning
2. kemudian unit scanning
menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur
yang sesuai untuk langsung
memulai scanning
3. nyala lampu yang telihat pada
scanner menandakan bahwa kegiatan scanning
sudah mulai dilakukan
4. setelah nyala lampu sudah
tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan
hasilnya dapat dilihat pada layar
monitor
5. apabila hasil atau tampilan
teks atan gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya
dengan menggunakn
software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan
photoshop, adobe, pot scanned dll
6
Ada dua macam perbedaan scanner
dalam memeriksa gambare yang berwarna yaitu :
1. scanner yang hanya bisa satu
kali menscan warna dan menyimpan semua wara
tersebut pada saat itu saja
2. scanner yang lansung bisa tiga
kali digunakan untuk menyimpan beberapa
warna. Warna-warna tersbut adalah
merah, hijau, dan biru
scanner yang disebut pertama
lebih cepat dibandingkan dengan yang ke dua, tetapi
menjadi kurang bagusjika
digunakan reproduksi warna. Kebanyakan scanner di jalankan
pada 1 bit, 8 bit(256 warna) dan
24 bit (> 16 juta warna). Bila kita membutuhkan hasil
yang sangat baik maka dianjurkan
mengunakan scanner dengan bit yang besar agar
resolusi warna lebih banyak dan
bagus.
II. MEMORY
SEKUNDER ( SECONDARY
MEMORY )
Memory sekunder, dipergunakan
untuk menyimpan data, informasi, dan program
secara permanen sebagai berkas
atau file. Contoh memory sekunder adalah floppy disk,
hard disk, zipdrive, CD-Rom, DVD,
dan lain-lain. Sebagian besar memory sekunder saat
ini berbentuk
disk/cakram/piringan. Operasi terhadap data, informasi, dan program
dilakukan dengan perputaran disk.
Satu putaran piringan disebut RPM ( Rotation Per
Minute ). Semakin cepat
perputaran, maka waktu akses akan semakin singkat. Hal ini
mengakibatkan semakin besar
tekanan terhadap disk dan semakin besar panas yang
dihasilkan. Jenis memory sekunder
yang akan digunakan akan menentukan kecepatan
akses dan metode akses data.
Beberapa contoh ukuran kecepatan memory sekunder
adalah sebagai berikut.
• Pre-IDE :
Memiliki kecepatan 3600 RPM
• IDE : Memiliki kecepatan
5200 RPM
• IDE/SCSI :
Memiliki kecepatan 5400 RPM
• IDE/SCSI :
Memiliki kecepatan 10000 RPM
Memory sekunder memiliki alat
untuk membaca dan menulis. Alat
untukmembaca dan menulis pada
harddisk disebut head sedangkan pada floppy disk
disebut side. Setiap piringan
dalam disk memiliki 2 sisi head/side, yaitu sisi 0 dan sisi 1.
Head/side dibagi menjadi sejumlah
lingkaran konsentrik yang disebut track. Kumpulan
track yang sama dari sebuah head
yang ada disebut cylinder. Pada suatu track dibagai
menjadi daerah-daerah lebih kecil
yang disebut sector. Gambaran tentang cylinder,
sector, track dsitunjukkan oleh
gambar 2.8.
7
Berkas yang disimpan dalam memory
sekunder dapat berinteraksi dengan
peralatan input/output dengan
perantara suatu unut pengolah ( processor ).
Hubungan antara berkas dan unit
input/output ditunjukkan terhadap oleh bagan dibawah
ini:
Memory sekunder mempunyai
karakteristik sebagai berikut.
1. Sifat penyimpanan yang tetap (
persistent ), sehingga media penyimpanan
sekunder perlu dipisahkan dari
unit pengolah utama ( central prosessing unit/
CPU ) dan memory utama ( main
memory ), dan di hubungkan oleh kabel/bus ke
unit pengolah ( prosessor ) dan
memory utama ( main memory )
2. Kemampuan untuk digunakan
secara bersama-sama ( shareability )
3. Kemampuan untuk menyimpan
sejumlah data, informasi, dan program
Langkah pengolahan data daeri
dalam memory sekunder adalah sebagai berikut.
1. Menentukan lokasi data pada
memory eksternal (external memory/storage )
2. Prosessor akan membaca data, dan
menyalin data dari memory eksternal
( external memory/storage ) ke
memory utama (main memory)
Pada saat menupdate data, maka
salinan data dalam main memory yang telah
diubah akan dituliskan, yaitu
dipindahkan dari main memory ke memory sekunder
Berdasarkan medianya, memory
sekunder terdiri atas :
1. Optical disk
• Memnggunakan
prinsip optis, yaitu berdasarkan pantulan cahaya ( sinar
laser ) pada head baca.
• Pembacaan data
tidak melibatkan kontak fisik antara head dan disk
• Proses penulisan
datanya lebih lambat dari pada proses pembacaan data
• Lebih awet tahan
terhadap jamur, dan lain-lain
• Pembacaan data
secara acak ( Random )
• Mempunyai
kemampuan baca-tulis ( read/write )
• Kapasitas besar
• Ukuran kecil
• Contoh : cd rom
Berkas dalam media penyimpanan
sekunder
Input device Output device
Prossesor
8
2. Magnetik storage
• Dapat terbentuk
disk/tape
• Media
penyimpanan ini menggunakan bahan serbuk magnet
• Akses data
menggunakan prinsip induksi magnetis
• Jenis ini
terdiri atas magnetic tape dan magnetic disk
2. 1 Magnetic
Tape
Magnetik tape berbentuk pita
panjang dan terbuat dari bahan plastic film ( mylar )
yang dapat dimagnetisasi ( ferrum
oxide atau chromic oxide ) kerapatan datanta termasuk
tinggi, 1200-9000 Bpi ( bit per inchi
) sedangkan kerapatan data standar yang digunakan
adalah 800/1600 Bpi. Kecepatan
pembacaan/ penulisan pada magnetic tape adalah 75-
200 inchi/det. Umumnya magnetic
tape memiliki lebar pita 0.5 inchi dan memiliki
ketebalan pita 0.15 inchi ( =
3.88 mm ) atau 0.25 inchi ( 6.4 mm ) panjang pita berfariasi,
yaitu 300,600,1200 atau 2400 feet
per reel.
Metode penyimpanan yang digunakan
bisa dengan metode blocking ( dipisahkan
oleh interblock/ IBG ) atau tanpa
bloking ( dipsahkan oleh inter record Gap/ IRG ) lebar
IRG berkisar antara 0.12-0.6
inchi sedangkan lebar IBG antar 0.3-0.75 inchi. Resiko yang
dihadapi pada media jenis ini
adalah sensitive terhadap distorsi,debu, kelembaban,
magnet, dan suhu tinggi
Akses pembacaan dan penulisan
data pada magnetic tape dilakukan secara
sequential dengan transfer rate
relative lambat, sehingga dalam penggunaannya termasuk
media offline jumlah track pada
magnetic tape bias 7/9 track. Tape 7 track digunakan
untuk tape kode bcd untuk tape
dengan kode BCD, track ke 0 hingga ke 5 untuk
penulisan karakter dan track ke 6
untuk bit paritas. Sedangkan tape 9 track digunakan
untuk tape dengan kode EBCDIC (
track ke 0 hingga ke 7 untuk penulisan karakter dan
track ke 8 untuk bit paritas )
bit paritas digunakan untuk mengecek kesalahan, yang dapat
dipilih jenis odd/event check.
Contoh yang termasuk dalam jenis media ini adalah pita
kaset dan real tape. Teknologi
baru pada magnetic tape semakin meningkat dengan cirri
kualitas head semakin baik, data
den city semakin tinggi, g a p semakin sempit
2. 2 Hard Disk
Hard disk dibuat dari bahan
berupa logam yang dilapisi ferrooxide dan bahan
yang mudah termagnetisasai.
Struktur hard disk tersusun atas sejumlah disk dengan
jumlah track bisa mencapai 200
track. Jumlah head pada hard disk berfariasi tergantung
jumlah disk penyusunnya.
Kecepatan hard disk bisa mencapai 7500 RPM .
Hard Disk merupakan salah satu
media penyimpan sekunder (storage) yang
menpunyai kapasitas yang relatife
besar.program-program aplikasi berkuran besar yang
banyak beredar,mutlak memerlukan
hard disk sebagai media penyimpannya.kapasitas
hard disk berfariasi mulai dari
40 MB,80 MB,640MB,840 MB,1.0GB,1.2GB,1.7 GB,2.1
GB,4,3GB,10 GB,20GB,40 GB, 60 GB,
dan teknologi yang lebih baru akan memiliki
kapasitas yang semakin besar.
9
Secara garis besar,tipe harddisk
ada yang berjenis SCSI dan IDE. Tipe IDE sring
disebut Fast-ATA2.tipe harddsik
membedakan kecepatan transfer data, baik kecepatan
transfer prpses pembacaan atau
penulisan.
Sebuah Harddisk tersusun dari
komponen-komponen sebagai berikut.
1. Piringan Logam.
2. Head.
3. Rangkaian elektronik.
4. Rangkaian penguat.
5. DSP (digital signal processor)
6. Chip memory.
7. conector.
8. Spindle.
9. Actuator arm motor.
Gambar 7. Hardisk
2. 3 Removable
Hardisk
Secara prinsip removable hardisk
sama dengan hardisk, hanya saja dapat dipasang
dan dilepas dengan mudah.
Removable hardisk dibentuk berupa cartridge, yang dipasang
pada removable rack. Removable
rack tersambung pada power supplay dan kabel data
IDE interfacenya.
2. 4 Floppy
Disk/Disket
Floppy disk/disk/disket secara
fisik ada yang berukuran 3,5” atau 5,25”. Disk
berukuran 5,25” dibagi 2, yaitu
high density yang mempunyai kapasitas 1,2MB dan
double density dengan kapasitas
360KB. Disk berukuran 3,5” ada yang memiliki
kapasitas 720KB, 1,44MB atau,
2,88MB. Akses data dalam floppy disk dilakukan dengan
menggunakan diskdrive.
Floppy disk terbuat dari bahan
plastik film (mylar) yang dilapisi bahan magnetic
lentur. Susunan data dalam floppy
disk diatur serial dalam track dan sector. Floppy disk
dapat mempunyai 1 indeks
hole(soft sectored) atau 2 indeks hole(hard sectored).
10
2. 5 Zip Drive
Zip drive meruapakan teknologi
terbaru yang dikembangkan untuk mengataasi
kapasitas floppy disk. Zip drive
terdiri dari atas floppy drive dan cartridge floppy khusus
yang mampu menampung data hingga
hampir 100MB. Teknologi ini sangat membantu
karena ukuran data saat ini
semakin besar dan seringkali tidak cukup jika disimpan dalam
floppy disk atau harus disediakan
banyak floppy disk.
2. 6 CD Room
CD-Room bukanlah alat penyimpanan
yang paling cepat, namun CD-Room
merupakan media pendistribusian
paling murah untuk data/informasi berukuran besar.
CD-Room bukan saja digunakan
untuk menyimpan data teks, tetapi juga dapat
menyimpan gambar, suara, dan
animasi sehingga media ini untuk aplikasi multimedia
CD-Room merupakan salha satu
media penyimpanan sekunder(storage) yang
berkapasitas besar (hingga
700MB). Banyak aplikasi yang bisa dijalankan secara
langsung dari CD-Room sehingga
bisa menghemat kapasitas Hard disk. CD-Room hanya
bisa membaca data yang telah
tersimpan dengan kecepatan baca data yang bervariasi,
yaitu 1x, 2x, 3x, 4x, 6x, 8x,
10x, 12x, 16x, 18x, 20x, 24x, 32x,. Saat ini kecepatan baca
tertinggi 52x.
Sekarang ini, teknologi
baca-tulis untuk CD-Drive telah dimungkinkan dan sudah
banyak dipasaran. Jenis CD-Room
drive adalah sebagai berikut:
1. CD-Writeable
Mampu melakukan proses baca dan
tulis, tetapi proses penulisan tersebut
hanya bisa dilakukan sekali saja,
data dalam CD-W ini bisa bertahan sampai
100 tahun.
2. CD-Rewriteable atau
CD-Erasable
Jenis ini mampu melakukan proses
baca dan tulis, dan proses tulis pada
media CD-RW dapat dilakukan
berulang kali. Jadi kita bisa menghapus data
pada media tersebut dan
menulisnya kembali. Data dalam CD-RW bisa
bertahan sampai 30 tahun.
2. 7 DVD
(Digital Versatile Disc)
DVD merupakan kelanjutan
teknologi memori sekunder menggunakan media
optical disk. DVD memiliki
kapasitas hingga mencapai 9GB. Perkembangan teknologi
DVD-Room juga lebih cepat
dibandingkan perkembangan teknologi CD-Room. DVDRoom
1x memungkinkan rata-rata
transfer data mencapai 1.321 MB/s dengan rata-rata
Burst transfer 12MB/s. Keterangan
mengenai DVD drive rate, data rate, equivalent CD
rate, serta actual CD speed
ditampilkan dalam tabel 1.
DVD ada yang dapat ditulisi satu
kali saja dan ada yang lebih (Recordable DVD).
Versi Recordable DVD adalah
sebagai berikut:
􀂾 DVD-R
for General, hanya sekali penulisan.
􀂾 DVD-R
for Authoring, hanya sekali penulisan.
􀂾 DVD-RAM,
dapat ditulis berulang kali.
􀂾 DVD-RW,
dapat ditulis berulang kali.
􀂾 DVD+Rw,
dapat ditulis berulang kali.
􀂾 DVD+R,
Hanya sekali penulisan.
11
DVD Drive
Speed Data Rate Equivalent CD
Rate Actual CD Speed
1x 11.08 Mbps (1.32 MB/s) 9x
8x-18x
2x 22.16 Mbps (2.64 MB/s) 18x
20x-24x
4x 44.32 Mbps (5.28 MB/s) 36x
24x-32x
5x 55.50 Mbps (6.60 MB/s) 45x
24x-32x
6x 66.48 Mbps (7.93MB/s) 54x
24x-32x
8x 88.64 Mbps (10.57 MB/s) 72x
32x-40x
10x 110.80 Mbps (13.21 MB/s) 90x
32x-40x
16x 177.28 Mbps (21.13 MB/s) 144x
32x-40x
Tabel 1
Setiap versi DVD recorder dapat
membaca DVD-ROM disc, tetapi memrlukan
jenis disc yang berbeda. Jenis
recorder dan jenis disc yang kompatibel terlihat pada table
2.
DVD unit DVDR(
G) unit
DVD-R(A)
unit
DVD-RW
unit
DVD-RAM
unit
DVD+RW
unit
DVDROM
Disc Reads reads Reads Reads
Reads Reads
DVD-R(G)
Disc
Routinelly
reads
Reads
writes
Reads
writes Reads Reads writes Reads
DVD-R(A)
Disc
Routinelly
reads Reads Reads Reads
writes Reads Reads
DVD-RW
Disc Usually reads Reads Reads
Reads
writes Usually reads Usually
reads
DVDRAM
Disc Rarely reads Usually
reads
Doesn’n
reads
Doesn’t
reads Read writes Read writes
DVD+RW
Disc Usually reads Usually
reads
Usually
reads
Routinelly
reads Usually reads Read writes
DVD+
Disc
Routinelly
reads
Routinell
y reads
Routinelly
reads
Routinelly
reads
Routinelly
reads
Reads may
writes
Table 2
12
2. 8 Mechanical
Storage
Mechanical Storage mempunyai
karakteristik sebagai berikut:
􀂾 Terbuat
dari bahan semi konduktor dan unsur mekanis.
􀂾 Pembacaan
dan penulisan data melibatkan unsur mekanis.
􀂾 Contoh:
disket
􀂾 Unsur
mekanis yang terlibat meliputi: rotasi, translasi, dan gesekan.
Unsur mekanis ini mengakibatkan
kecepatan transfer datanya jauh lebih rendah
dari IC-RAM.
III. OUTPUT
DEVICE
Output yang dihasilkan dari
pemroses dapat digolongkan menjadi empat
bentuk,yaitu tulisan
(huruf,angka,symbol khusus),image (dalam bentuk grafik atau
gambar),suara ,dan bentuk lain
yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable
form0.Tiga golongan pertama
adalah output yang dapat digunakan langsung oleh
manusia,sedangkan golongan
terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses
selanjutnya dari computer.
Peralatan output dapat berupa:
• Hard-copy device,yaitu
alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada
media keras seperti kertas atau
film.
• Soft-copy
device,yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image
pada media lunak yang berupa
sinyal elektronik.
Drive device atau driver,yaitu
alat yang digunakan untuk merekam symbol dalam
bentuk yang hanya dapat dibaca
oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau
magnetic tape.Alat ini berfungsi
ganda,sebagai alat output dan juga sebagai alat input.
Output bentuk pertamasifatnya
adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas
dari alat output dan dapat dibawa
ke mana-mana).Alat yang umum digunakan untuk ini
adalah printer,plotter,dan alat
microfilm.Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa
video display,flat panel,dan
speaker.Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan
media magnetic disk adalah disk
driver,dan yang mengguanakn media magnetic tape
adalah tape driver.
13
3. 1 Printer
Gambar 8. Printer
Klasifikasi dasar printer adalah
:
a. Character printer yang
mencetak satu karakter setiap kali.Contohnya yang paling
umum adalah dot matrix printer.
b. Line printer yang
mencetak seluruh baris setiap kali.
c. Page printer (image
printer) yang mencetak seluruh halaman setiap kali.
Metode dasar penghasilan cetakan:
a. Impact atau non-impact
printing.Impact printer memukulkan atau membenturkan
pita tinta ke kertas,sedangkan
non-impact printer menggunakan metode printer
lain,misalnya thermal atau
elektrostatik.
b. Shaped character printing atau
dot-matrix printing.Shaped character printing
mempunyai hasil cetakan yang
lebih baik dari dot-matrix printing.
Kecepatan cetak (print speed):
a. Low speed
(kecepatan rendah) : 10 cps / 300 lpm
Dot matrix
impact character printer.Ini adalah jenis printer berkecepatan rendah
yang paling sering digunakan,dan
sering disebut dengan nama “dot matrix
printer”.
Daisywheel
printer.Ini
adalah jenis lain printer berkecepatan rendah yang
terkenal,yang akan digunakan jika
kita memerlukan kualitas cetakkan yang tinggi.
Inkjet printer.Ini adalah
printer berkecepatan rendah yang tidak gaduh,karena
menggunakan cara penembakan
percikan tinta yang sangat halus ke atas kertas.
b. High speed
(Kecepatan tinggi) : 300 lpm – 3000 lpm
Line printer.Ini adalah
impact shaped-character printer yang mencetak
keseluruhan baris setiap kalinya.
Page printer.Ini adalah
printer yang mencetak tampilan sebesar halaman penuh
setiap kalinya.
14
3. 2 Graph
Plotter
Graph plotter digunakan untuk
tujuan (penggunaan) ilmiah dan
perekayasaan.Salah satu aplikasi
khususnya adalah CAD (Computer Aided
Design),dimana desain mesin atau
arsitektural diciptakan oleh computer dan dikeluarkan
(outputnya pada graph plotter).
Perangkat ini memberikan bentuk
output yang sama sekali berbeda,dan ia mempunyai
keragaman aplikasi.Dua jenis
dasarnya adalah:
a. Flatbed type.Penanya
bergerak keatas,turun,menyilang,atau menyamping.
b. Drum type.Penenya
bergerak keatas,turun,dan menyilang. Kertasnya bergerak
menyamping.
Gambar 9. Garaph Plotter
3. 3 Monitor
A. PEMBAGIAN
MONITOR BERDASARKAN JENIS
Pada dasarnya monitor terbagi 3
kelompok yaitu :
1. Monitor Digital
2. Monitor Analog
3. Monitor Multiscaning
1. MONITOR DIGITAL
Monitor digital adalah monitor
yang menggunakan sinyal digital dalam
pengiriman data dari video card
ke monitor.Sinyal digital ini adalah sinyal yang
diwakili oleh data 0 dan 1.Yang
termasukan monitor jenis ini adalah monitor
Monochrome Display Adapter
(MDA),Color Graphic.Adapter (CGA) dan Enhanced
Graphic Adapter (EGA).
Monitor monochrome mendukung
hanya modus 7 (teks 80x25).Ukuran
characternya 9x14,jumlah scan
line 350 baris dan nomor portnya 380 Hex sampai
3BB Hex.Monitor CGA diperkenalkan
pada tahun 1981 (IBM PC) mendukung
modus grafik 4 warna dan modus
teks 16 warna.
Jumlah scan line 200 baris,ukuran
character-nya 8x8,dan nomor portnya 3D0
hex sampai 3DF Hex.Monitor EGA
memiliki resolusi maksimum 640x480 dengan 2
warna.Memiliki nomor port 3C0 Hex
dan jumlah scan line 350 baris sehingga dapat
menampilkan character dalam
ukuran 8x14.
15
2. MONITOR ANALOG
Monitor analog adalah monitor
yang menggunakan sinyal analog dalam
pengiriman datanya.Sinyal analog
adalah sinyal yang dapat berisi sembarang nilai
antara nilai maksimum dan
minimum.Contoh monitor analog adalah Video graphic
Array Adapter (VGA)yang
dikenalkan pada IBM PS/2.Nomor portnya sama dengan
EGA,scan line 400 baris sehingga
dapat membentuk ukuran character 9x16.Resolusi
maksimum adalah 640x480 dengan 16
warna.
3. MONITOR MULTISCANING
Monitor multiscaning adalah
monitor yang dapat menerima dua bentuk
sinyal,digital ataupun
analog.Monitor ini menggabungkan kemampuan yang dimilki
monitor analog dan monitor
digital,sehingga dapat dipasangkan dengan video card
yang bermacam-macam.Mendukung
modus Super VGA,modus yang lebih tinggi dari
modus yang dimiliki VGA.
B. PEMBAGIAN
MONITOR BERDASARKAN TEKNOLOGI
Berdasarkan teknologinya,monitor
dapat dibagi atas :
1. Monitor Super VGA
2. Monitor Radiasi Rendah (Low
Radiation)
3. Monitor Hemat Energi (Green
Monitor)
4. Monitor Multi Fungsi
1. MONITOR SUPER VGA
Monitor Super VGA lebih baik dari
VGA,memiliki dot pitch lebih kecil dari
VGA dan mendukung resolusi yang
lebih tinggi.Tidak ada standar untuk monitor
Super VGA sehingga tidak jarang
dijumpai 2 monitor Super VGA yang tidak sama
resolusinya.
Tidak standarnya monitor Super
VGA diikuti oleh tidak standarnya video card
yang mendukung Super VGA,seperti
: Tseng ET-4000,Trident,Oak Technology dan
lain-lain.Masing-masing card
mempunyai nomor modus tersendiri dan tidak seragam
seperti halnya modus monochrome
hingga VGA.Untuk mengatasi hal ini maka
dibuatlah standar VESA (Video
Electronic Standards Association).
2. MONITOR LOW RADIATION
Tidak semua electron yang
ditembakan tabung monitor dapat diserap oleh
lapisan phosphor yang terdapat
pada monitor tersebut.Sebagian ada yang berhasil
lolos keluar dari
monitor.Elektron yang keluar tersebut membangkitkan medan
magnet disekitar bagian depan
monitor.Hal ini berbahaya bagi kesehatan
mata.Disamping umumnya jarak
monitor dengan mata kurang dari 1 meter.Untuk
mencegah hal ini,dibuat monitor
dengan daya magnetisasi yang kecil.Beberapa
contoh monitor low radiation
adalah SPC CM-1200V Syncmaster 3,Philips
4CM2799.
16
3. GREEN MONITOR
Green Monitor adalah monitor yang
memiliki sifat-sifat hemat energi
pemakaian listrik dan memakai
bahan-bahan yang dapat didaur ulang.Monitor
demikian dirancang dengan memakai
komponen hemat listrik dan memiliki
kemampuan untuk auto-off,yang
dapat mati sendiri jika setelah beberapa saat tidak
digunakan.Bahan-bahan yang
digunakan membuat monitornya menggunakan bahan
yang dapat didaur ulang,terutama
bahan dari plastic.
Gambar 10. Green Monitor
4. MONITOR MULTIFUNGSI
Monitor Multifungsi adalah
monitor yang dapat digunakan untuk tujuan
lain,selain untuk menampilkan
output dari computer,misalnya monitor yang dapat
berfungsi juga sebagai
televisi,penayangan video dan lain-lain.Dewasa ini monitor
demikian banyak digunakan untuk
multimedia dimana sebuah computer dapat
dihubungkan dengan berbagai macam
peralatan lain seperti pengolah
data.teks,grafik,animasi,audio,dan
video,CD player,sound card,laser disc dan lainlain.
C. PEMBAGIAN
MONITOR BERDASARKAN ADAPTER VIDEO
Perkembangan Adapter video mulai
dari yang pertama monitor monochrome dan
berlanjut dengan diciptakan
adapter video untuk monitor XVGD(Extended Video
Graphics Display) hingga kini
mengalami beberapa tahapan sebagai berikut :
1. Monocrome Display Adapter
(MDA)
MDA merupakan suatu adapter video
untuk jenis 1 warna (biasanya hijau)
dan hanya mempunyai resolusi 80
kolom x 25 baris saja,dan hanya dapat mengolah
data teks tidak dapat mengolah
grafik.Di peta memori computer PC,memori MDA
terletak pada segmen B000
Hex,sebesar 4 Kb.
2. Color Graphics Adapter(CGA)
CGA dikembangkan sejak tahun
1981.CGA mendukung modus grafik dan
dapat menampilkan warna,baik pada
modus teks ataupun modus grafik.Resolusi
tertinggi 640x200 baris.Di peta
memori computer PC,memori CGA terletak pad
segmenB800 Hex,sebesar 16 Kb.
17
3. Hercules Graphics Card (HGC)
HGC merupakan adapter video untuk
jenis monitor monochrome.Adapter ini
merupakan penyempurnaan
MDA,karena dapat menampilkan grafik.HGC dirancang
oleh Van Suwannukul dari Hercules
Computer Technology.Resolusi tertinggi adalah
720x348 pixel.Di peta memori
computer PC,letak memori HGC sama dengan untuk
MDA.
4. Enhanced Graphic Adapter (EGA)
EGA merupakan pengembangan dari
CGA dengan resolusi dari tata warna
yang lebih baik.Awalnya card EGA
IBM memiliki memori 64 Kb,kemudian diperluas
menjadi 128 Kb.Jadi ada 3 macam
adapter card EGA.Resolusi tertinggi yang dapat
ditampilkan adalah 640xx350
pixel,Di peta memori computer PC,memori EGA
terletak pada segmen A000 Hex.
5. Profesional Graphics Adapter
(PGA)
Pada saat yang sama dikeluarkan
EGA,IBM memperkenalkan PGA.PGA
memiliki kemampuan untuk
menampilkan grafik 3 dimensi.Adapter ini dapat
menjalankan 60 bingkai animasi
per detik.Resolusi maksimumnya adalah 640x480
pixel. PGA merupakan adapter
khusus untuk aplikasi CAD/CAM.Selanjutnya PGA
tidak diproduksi karena harganya
mahal dan tergolong lambat.
6. Multi Color Graphics Array
(MCGA)
MCGA merupakan adapter video
untuk computer PS/2 model 25 dan 30.Pada
resolusi 320x200 pixel,warna yang
dapat ditampilkan adalah 256 warna dari 262.144
palet warna yang tersedia.
7. Video Graphics Array (VGA)
VGA dikenalkan tahun 1987,dan
sekarang menjadi standar monitor.Awalnya
VGA dibuat untuk computer
PS/2,tetapi dalam perkembangan selanjutnya dapat
digunakan pada computer PC/XT dan
PC/AT.Resolusi maksimumnya adalah
720x400 pixel dalam 2 warna
sedangkan pada resolusi 640x480 pixel dapat
ditampilkan 256 warna.
8. Display Adapter
Adapter ini dibuat untuk PS/2 dan
mempunyai resolusi yang lebih tinggi dari
VGA,dapat menampilkan 256 warna
pada resolusi maksimum 1024x768 pixel pada
modus grafik,sedangkan pada modus
teks dapat ditampilkan 146 kolom x 51 baris.
9. Super Video Graphic Array
(SVGA)
SVGA pada dasarnya sama dengan
8514,tetapi SVGA biasa disebut pada
adapter non IBM.SVGA daoat
digunakan pada PC/XT/AT,bukan untuk
PS/2.Resolusi maksimum SVGA yang
umum adalah 1024x768 pixel dengan 256
warna.
18
10. Extended Graphics Adapter
(XGA)
XGA merupakan adapter keluaran
terakhir yang memiliki resolusi yang paling
tinggi (lebih dari 1024x768
pixel).
D. RESOLUSI DAN
DOT PITCH
Resolusi adaah ukuran yang
menyatakan jumlah pixel yang dapat ditampilkan di
layar.Semakin tinggi resolusi
suatu monitor akan semakin halus pula gambar yang
ditampilkannya.Dotpitch adalah
jarak antara 2 kesatuan phosphor merah-hijau-biru,atau
jarak antara 1 titik pixel dengan
titik pixel lainnya.Dot pitch ditentukan dalam ukuran
seperseratus millimeter.
E. VERTICAL SCAN
RATE (REFRESH RATE) & HORIZONTAL SCAN RATE
Refresh rate merupakan satuan
berapa banyak sinaran/pancaran electron kembali
memulai dari posisi awalnya dari
kiri atas monitor tiap detik.Refresh rate mempunyai 2
macam jenis,yaitu interlaced dan
Non Interlaced.Pada system Interlaced,proses scaning
akan dilakukan dalam 2 kali
lewatan,baris ganjil dan seterusnya.Pada umumnya system
interlaced akan menghasilkan
cukup banyak flicker adalah suatu proses yang terjadi
dimana jika frekwensi penembakan
electron terlalu sedikit,maka ketika penembakan
berikutnya tiba,bayangan sinar
yang sebelunya masih belum hilang secara sempurna
sehingga diperoleh efek berkedip.
Horizontal scan rate dihitung
dengan cara mengailkan jumlah baris perlayar dengan
besarnya refresh rate.Misal :
sebuah monitor dngan resolusi 640x480 dengan refresh rate
60 Hz.maka diperlukan 28.800 scan
per detik.disamping itu ada waktu yang hilang saat
antara scanning berhenti di suatu
baris dan sinaran dihentikan untuk pindah ke baris
berikutnya dan proses dimulai
lagi dari awal,besarnya skitar 10% sehingga secara
keseluruhan Horizontal scan raet
adalah 28.800 +(28.800*10%) = 31.700 scan per detik
(31,7 KHz).Pada resolusi 800x600
dengan refresh rate 72 Hz,diperlukan monitor yang
mampu memberikan Horizontal scan
rate sebesar 47,5 KHz.Pada resolusi 1042x768
dengan refresh rate 72
Hz,Horizontal scan rate yang diperlukan 59 KHz.
IV. Peranan
peralatan input, output dan perangkat
lunak dalam
pemecahan masalah.
Semua alat input dan output dapat
berkontribusi pada pemecahan masalah baik
secara langsung dan tidak
langsung. Contoh: keyboard , display, printer dan plotter
(berperan langsung), source data
automation device, microfilm (berperan tidak
langsung).
Seperti halnya perangkat keras,
perangkat lunak dapat juga berperan langsung
atau tidak langsung. Contoh:
sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis
umum dan industri (berperan tidak
langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi
peningkatan produktivitas
organisasi perorangan (berperan tidak langsung), spreadsheet,
analisis statistik dan perkiraan,
manajemen proyek (berperan langsung).
19
V. Sistem
Operasi
Sistem operasi merupakan sebuah
penghubung antara pengguna dari komputer
dengan perangkat keras komputer.
Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan
komputer dengan menggunakan
sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan
berkembangnya pengetahuan dan
teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem
operasi dengan keunggulan
masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka
sebaiknya perlu diketahui
terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi
itu sendiri.
Pengertian sistem operasi secara
umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang
terdapat pada sistem komputer dan
menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke
pemakai sehingga memudahkan dan
menyamankan penggunaan serta pemanfaatan
sumber-daya sistem komputer.
5. 1 Fungsi
Dasar
Sistem komputer pada dasarnya
terdiri dari empat komponen utama, yaitu
perangkat-keras, program
aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi
berfungsi untuk mengatur dan
mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai
program aplikasi serta para
pengguna.
Sistem operasi berfungsi ibarat
pemerintah dalam suatu negara, dalam arti
membuat kondisi komputer agar
dapat menjalankan program secara benar. Untuk
menghindari konflik yang terjadi
pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang
sama, sistem operasi mengatur
pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumberdaya.
Sistem operasi juga sering
disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting
sistem operasi ialah sebagai
program pengendali yang bertujuan untuk menghindari
kekeliruan (error) dan
penggunaan komputer yang tidak perlu.
5. 2 Tujuan
Mempelajari Sistem Operasi
Tujuan mempelajari sistem operasi
agar dapat merancang sendiri serta dapat
memodifikasi sistem yang telah
ada sesuai dengan kebutuhan kita, agar dapat memilih
alternatif sistem operasi,
memaksimalkan penggunaan sistem operasi dan agar konsep
dan teknik sistem operasi dapat
diterapkan pada aplikasi-aplikasi lain.
5. 3 Sasaran
Sistem Operasi
Sistem operasi mempunyai tiga
sasaran utama yaitu kenyamanan -- membuat penggunaan
komputer menjadi lebih nyaman, efisien
-- penggunaan sumber-daya sistem komputer
secara efisien, serta mampu berevolusi
-- sistem operasi harus dibangun sehingga
memungkinkan dan memudahkan
pengembangan, pengujian serta pengajuan sistemsistem
yang baru.
20
5. 4 Sejarah
Sistem Operasi
Menurut Tanenbaum, sistem operasi
mengalami perkembangan yang sangat pesat,
yang dapat dibagi kedalam empat
generasi:
• Generasi Pertama
(1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal
perkembangan sistem komputasi elektronik
sebagai pengganti sistem
komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan
manusia untuk menghitung terbatas
dan manusia sangat mudah untuk membuat
kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan.
Pada generasi ini belum ada sistem
operasi, maka sistem komputer
diberi instruksi yang harus dikerjakan secara
langsung.
• Generasi Kedua
(1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch
Processing System, yaitu Job yang
dikerjakan dalam satu rangkaian,
lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi
ini sistem komputer belum
dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi
sistem operasi telah ada,
contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.
• Generasi Ketiga
(1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan
sistem operasi dikembangkan untuk melayani
banyak pemakai sekaligus, dimana
para pemakai interaktif berkomunikasi lewat
terminal secara on-line ke
komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di
gunakan banyak pengguna sekali
gus) dan multi-programming (melayani banyak
program sekali gus).
• Generasi Keempat
(Pasca 1980an)
Dewasa ini, sistem operasi
dipergunakan untuk jaringan komputer dimana
pemakai menyadari keberadaan
komputer-komputer yang saling terhubung satu
sama lainnya. Pada masa ini para
pengguna juga telah dinyamankan dengan
Graphical User
Interface yaitu
antar-muka komputer yang berbasis grafis yang
sangat nyaman, pada masa ini juga
dimulai era komputasi tersebar dimana
komputasi-komputasi tidak lagi berpusat
di satu titik, tetapi dipecah dibanyak
komputer sehingga tercapai
kinerja yang lebih baik.
21
5. 5
Perkembangan Perangkat Lunak Sistem Operasi
Paket operasi ataupun program
yang dibuat dengan High Level Langguage,
seperti misalnya BASIC, FORTRAN,
COBOL, dana Bahasa C dan lain sebagainya,
tidaka akan dapat dijalankan
kalau tidak ada Operating System yang mendukungnya.
Sistem operasi ini akan mengatur
semua proses dari sistem komputer.
1954. Sistem Operasi Yang Pertama
Kali
Sistem operasi pertama kali
dikembangkan pada sekitar tahun 1954 di General
Motor Research Laboratories untuk
di gunakan pada komputer IBM 701. kemudian pada
tahun 1955, programmer di General
Motor Research Laboratories bekerja sama dengan
North American Aviation menulis
OS(operating System) untuk komputer IBM 704.
beberapa OS yang lainnya telah
ditulis untuk komputer-komputer besar sejak dari tahun
1950 sampai dengan tahun 1960. OS
tersebut terbatas pengguanaannya. Yaitu hanya
dapat digunakan untuk aplikasi
pengolahan data secara sequential(urut) atau batch saja
dan biasanya dirancang untuk satu
komputer saja.
1960. Sistem Operasi Untuk
Komputer Mini Pertama Kali
OS untuk komputer mini pertama
kali dikembangkan pada tahun 1960 bersamaan
dengan diproduksinya
komputer-komputer mini. Sebelum tahun ini, OS hanya digunakan
untuk komputer-komputer besar (mainframe).
Pada bulan April 1964, IBM
memperkenalkan OS yang disebut
dengan OS/360 untuk dipergunakan pada semua seri
komputer 360.
1969. Unix
Pada tahun1969, Ken Thompson dari
Bell Laboratories menulis suatu OS yang
disebut dengan UNIX. Yang
diterapkan pada komputer PDP-. Pada tahun 1973, UNIX
dikembangkan dengan cara ditlis
ulang dengan menggunakan bahasa C, sehingga
merupakan OS pertama yang ditulis
dengan High Level Langguage. Sejak tahun tersebut,
banyak orang memperkirakan bahwa
UNIX akan menjadi OS yang paling populer dan
akan banyak dipergunakan. UNIX
merupakan OS untuk komputer 16-bit. UNIX pertama
kali diterapkan di mainframe
computer dan mini computer.
1970. CP/M
Pada tahun 1970, komputer micro
mulai dikembangkan dan bersamaan dengan
itu, perusahaan Digital Research
mengembangkan OS yang diterapkan di komputer
mikro, yang disebut dengan CP/M.
CP/M merupakan singkatan dari Control
Program/Microprocessor.
CP/M merupakan OS yang paling
populer untuk komputer mikro 8-bit yang
mempergunakan microprocessor
Zilog 80(Z80) atau microprocessor Intel 8080. CP/M
pada tahun 1976 diperbaiki dan
lebih ditingkatkan dengan nama CP/M-80 dan karena
popularitasnya dan banyak di
pergunakan, dianggap sebagai standar OS untuk komputer
8-bit. Penulis dari CP/M adalah
Gary Kidall.
22
1980. MS-DOS
Sebelum tahun 1980, OS yang
paling banyak dipergunakan dan dianggap sebagai
standar dari OS adalah CP/M-80
buatan Digital Research. Tetapi sejak tahun 1980.
Microsoft Corporation di
Bellevue, Washington yang dipakai oleh William Bill Gates.
Mengembangkan OS dengan nama
MS-DOS (Microsoft-Disk Operating System) untuk
computer 16-bit. MS-DOS
dipergunakan di komputer micro yang menggunakan
microprocessor Intel 8088 atau
Intel 8086.
Merasa bahwa CP/M-80 yang
dipergunakan di komputer 8-bit mulai banyak
ditinggalkan, Digital Research
menegmbangkan OS yang baru dengan nama CP/M-86
untuk komputer 16-bit yang
mempergunakan microprocessor Intel 8086 sebagai
penyaing MS-DOS.
OS lainnya yang dikembangkan oleh
pabrik microsoft diantaranya adalah Xenix,
yang sebenarnya adalah Unix versi
Microsoft untuk microprocessor Intel 8086, Zilog
8000 dan Motorola 68000. OS
lainnya adalah:
- Oasis-16 dibuat oleh Phase One
System.
- Pick OS dibuat oleh Pick System
Inc.
- p-System dikembangkan pertama
kali di university of california at san Diego pada
tahun 1974.
- TRS-DOS dibuat oleh Tandy Radio
Shack.
1985. Microsoft Windows Yang
Pertama
Perusahaan Microsoft memasarkan
sistem operasi Windows versi yang pertama
pada tahun 1985. Windows sebagai
sebuah sitem operasi sebenarnya belum bekerja
sepnuhnya sebagai platform,
tetapi masih bekerja dibawah DOS. Ini berarti sebelum
Windows dioperasikan, sistem
operasi DOS sudah harus digunakan terlebih dahulu yang
kemudian Windows dipanggil
melalui DOS tersebut. Kelebihan Windows dari DOS
adalah kemudahannya untuk
digunakan(user friendly) Karena menggunakan sistem GUI.
Multitasking( yaitu dapat
mengerjakan program serentak dalam bentuk windows yang
dapat dipindah dari satu window
ke window yang lain).
Walaupun demikian, windows versi
1.0 ini tidak populer dan kurang diminati
karena berbagai alasan, yang
pertama adalah Windows 1.0 beroperasi dengan lambat
disebabkan pada waktu itu
processor yang digunakan kurang mendukung. Yang kedua
adalah masih sedikitnya perangkat
lunak yang ditulis untuk sistem operasi ini.
1987. IBM Operating System/2
IBM OS/2 dibuat oleh IBM untuk
mengatasi kekurangan dari IBM PC-DOS atau
MS-DOS. Dengan microprocessor
80286 dan 80386. OS/2 dapat mengalamati memori
diatas batas 640 KB yang tidak
dapat dilakukan oleh IBM PC-DOS. OS/2 mempunyai
beberapa kelebihan yaitu sebagai
berikut:
- Dapat Mendukung beberapa aplikasi
yang menggunakan memori sampai 16 MB
- Membuat manajemen basis data
lebih mudah dengan menyediakan semua saranasarana
untuk membuat basis data.
- Dapat digunakan untuk network
dengan dihubungkan pada beberapa host
Computer
- Dapat digunakan untuk multitasking,
sehingga dari satu aplikasi ke aplikasi
lainnya.
23
1988. Windows/386
Windows/386 dipekenalkan pada
tahun 1988. Windows versi ini diharapkan dapat
membuat pengguna komputer
berpindah dari DOS ke Windows, karena sudah didukung
oleh processor Intel 80386 yang
sudah cukup cepat di komputer IBM PC/386.
1990. Windows 3.0
Mulai tahun 1990, popularitas
Windows melalui Windows 3.0 meningkat dengan
cepat. Keberhasilan Windows 3.0
tidak terlepas dari dukungan processor Intel 80846
yang sudah cukup cepat di
computer IBM PC/486. setahun kemudian pada tahun 1991,
Windows versi 3.1 diluncurkan
untuk memperbaiki versi sebelumnya.
1993. Mosaic, Browser Internet
Pertama Di Sistem Windows
Pada tahun 1990-an system Windows
yang digunakan adalah versi 3.x. Windows
3.x ini tidak memiliki protocol,
untuk hubunagn ke internet. Sehinnga di perlukan
perangkat lunak khusus untuk
menjelajah ke internet. Salah satunya adalah yang disebut
dengan browser. Mosaic
merupakan browser yang diperkenalkan pada tahun 1993.
mosaic merupakan browser internet
yang pertama disistem Windows.
1995. Windows 95
Microsoft mengeluarkan Windows 95
yang mempunyai beberapa kelebihan dari
Windows versi 3.x. Windows 95
sudah tidak beroperasi dibawah platform DOS,sehingga
operasinya lebih cepat dibandingkan
dengan Windows versi sebelumnya.
1998. Windows 98
Windows 98 merupakan perbaikan
dari Windows 95. windows 98 diperkenalkan
pada bulan September 1997.
2000. Linux
Linux adalah sebuah sistem
operasi yang sangat mirip dengan sistem-sistem
UNIX, karena memang tujuan utama
rancangan dari proyek Linux adalah UNIX
compatible. Sejarah Linux dimulai
pada tahun 1991, ketika mahasiswa Universitas
Helsinki, Finlandia bernama Linus
Benedict Torvalds menulis Linux, sebuah kernel
untuk prosesor 80386, prosesor
32-bit pertama dalam kumpulan CPU intel yang cocok
untuk PC.
Pada awal perkembangannya, source
code Linux disediakan secara bebas melalui
internet. Hasilnya, pengembangan
Linux merupakan kolaborasi para pengguna dari
seluruh dunia, semuanya dilakukan
secara eksklusif melalui internet. Bermula dari kernel
awal yang hanya
mengimplementasikan subset kecil dari sistem UNIX, kini sistem Linux
telah tumbuh sehingga mampu
memasukkan banyak fungsi UNIX.
24
Kernel Linux terdistribusi di
bawah Lisensi Publik Umum GNU (GPL), dimana
peraturannya disusun oleh Free
Software Foundation. Linux bukanlah perangkat lunak
domain publik: Public Domain
berarti bahwa pengarang telah memberikan copyright
terhadap perangkat lunak mereka,
tetapi copyright terhadap kode Linux masih dipegang
oleh pengarang-pengarang kode
tersebut. Linux adalah perangkat lunak bebas, namun:
bebas dalam arti bahwa siapa saja
dapat mengkopi, modifikasi, memakainya dengan cara
apa pun, dan memberikan kopi
mereka kepada siapa pun tanpa larangan atau halangan.
Implikasi utama peraturan lisensi
Linux adalah bahwa siapa saja yang
menggunakan Linux, atau membuat
modifikasi dari Linux, tidak boleh membuatnya
menjadi hak milik sendiri. Jika
sebuah perangkat lunak dirilis berdasarkan lisensi GPL,
produk tersebut tidak boleh
didistribusi hanya sebagai produk biner (binary-only).
Perangkat lunak yang dirilis atau
akan dirilis tersebut harus disediakan sumber kodenya
bersamaan dengan distribusi
binernya.
Gambar 11.Logo Linux
5. 6 Layanan
Sistem Operasi
Sebuah sistem operasi yang baik
menurut Tanenbaum harus memiliki layanan
sebagai berikut: pembuatan
program, eksekusi program, pengaksesan I/O Device,
pengaksesan terkendali terhadap
berkas pengaksesan sistem, deteksi dan pemberian
tanggapan pada kesalahan, serta
akunting.
Pembuatan program yaitu sistem
operasi menyediakan fasilitas dan layanan untuk
membantu para pemrogram untuk
menulis program; Eksekusi Program yang berarti
Instruksi-instruksi dan data-data
harus dimuat ke memori utama, perangkat-parangkat
masukan/ keluaran dan berkas
harus di-inisialisasi, serta sumber-daya yang ada harus
disiapkan, semua itu harus di
tangani oleh sistem operasi; Pengaksesan I/O Device,
artinya Sistem Operasi harus
mengambil alih sejumlah instruksi yang rumit dan sinyal
kendali menjengkelkan agar
pemrogram dapat berfikir sederhana dan perangkat pun
dapat beroperasi; Pengaksesan
terkendali terhadap berkas yang artinya disediakannya
mekanisme proteksi terhadap berkas
untuk mengendalikan pengaksesan terhadap berkas;
25
Pengaksesan sistem artinya pada
pengaksesan digunakan bersama (shared
system); Fungsi
pengaksesan harus menyediakan proteksi terhadap sejumlah sumber-daya
dan data dari pemakai tak
terdistorsi serta menyelesaikan konflik-konflik dalam
perebutan sumber-daya; Deteksi
dan Pemberian tanggapan pada kesalahan, yaitu jika
muncul permasalahan muncul pada
sistem komputer maka sistem operasi harus
memberikan tanggapan yang
menjelaskan kesalahan yang terjadi serta dampaknya
terhadap aplikasi yang sedang
berjalan; dan Akunting yang artinya Sistem Operasi yang
bagus mengumpulkan data statistik
penggunaan beragam sumber-daya dan memonitor
parameter kinerja.
VI. APLIKASI
6. 1
Perkembangan Perangkat Lunak Paket Aplikasi
Sejak beredarnya computer
personal,telah ribuan macam perangkat lunak untuk
bermacam-macam keperluan aplikasi
tersedia di pasaran guna memenuhi kebutuhan para
pemakai computer.
1976. Electric Pencil.
Pada tahun ini, Michael Shrayer
memperkenalkan suatu program pengolah kata
(word processor)
yang
diberi nama Electric pencil. Electric pencil pada mulanya hanya
untuk computer mikro altair saja,
tetapi kemudian dikembangkan untuk computerkomputer
mikro yang lainnya dan sejumlah
alat cetak (printer), semuanya sampai dengan
78 versi. Electric pencil tidak
dapat menembus pasaran karena kurang popular. Electric
pencil merupakan paket pengolah
kata yang pertama dan sampai 2 tahun kemuduan
merupkan paket pengolah kata satu-satunya
yang beredar dipasaran.
1979. Word Star
John Barnaby menulis program
pengolah kata atas permintaan Seymour
Rubinstein. Sebelum menulis
program, Seymour Rubinstein telah mengunjungi beberapa
penjual perangkat lunak untuk
menegtahui keinginan masyarakat tentang software
pengolah kata. Program paket
tersebut kemudian disebut Word Star dan sukses
menembus pasaran dengan
perusahaannya yang bernama micropo. Beberapa versi Word
Star telah beredar dipasaran,
diantaranya Word Star release 3.4, Word Star profesional
release 4.0 dan lain sebagainya.
26
1979. Apple Writer
Apple Writer juga merupkan
program paket pengolah kata yang habis terjual.
Apple Writer ditulis oleh Paul
Lutus yang nyentrik. Paul Lutus merupkan programmer
yang independen.
1979. VisiCalc
Pada tanggal 11 mei 1979 pada
west coast computer fair, paket program
spreadsheet pertama yang
dirancang untuk pemakai komputer personal telah
diperkenalkan dengan nama
VisiCalc(Visible calculator atau visual calculator). VisiCalc
merupakan ide dari Daniel
Bricklin dan dibuat oleh Robert Frankston. Daniel Bricklin
adalah seseorang lulusan dari MIT
yang sudah bekerja sebagai software engineer di
peruasahaan komputer Digital
Equipment Corporation (DEC) yang kemudian mengikuti
kuliah kembali di Harvard
Businees School.
1981. dBASE-II
Wayne Ratliff, ahli tehnik NASA
menulis suatu program untuk aplikasi bisnis
pada waktu-waktu senggangnya dan
memasarkannya dengan nama vulcan,tetapi tidak
sukses di pasaran.
Sementara George Tate, ahli
didalam mereparasi komputer yang kemudian
menjadi ahli pemasaran software
bersama-sama dengan Hal Lachlee mengadakan
kontrak dengan Wayne Ratliff
untuk memasarkan Vulcan. Nama Vulcan kemudian
dirubah menjadi dBASE-II. Supaya
seakan-akan merupakan software yang terbaru,dari
peningkatan dBASE sebelumnya,
padahal dBASE-I tidak pernah ada. dBASE-II
dipasarkan pada tahun 1981 dengan
nama perusahaannya Ashton-Tate yang sebenarnya
merupakan paket DBMS(Database
Management Systems) yang mempunyai bahasa
tingkat tinggi.
1982. LOTUS 1-2-3
Lotus 1-2-3 merupakan suatu
program paket yang berisi gabungan programprogram
spreadsheet. Grafik dan kemampuan
untuk mendapatkan informasi, yaitu tiga
bentuk program dalam satu
program. Lotus 1-2-3 ditulis oleh mitchell kapor, lulusan dari
yale University tahun 1971 lotus
1-2-3 khusus ditulis untuk komputer mikro 16 bit IBM
PC..
27
Berikut ini adalah beberapa macam
paket software untuk komputer IBM PC atau yang
kompatibel dengan IBM PC.
1. Aplikasi Untuk Pengolah Kata:
Microsof Word, Final Word,Easy
writer II,NBI word processing,Word
Vision,Word Star, Textplus, dan
lain-lain.
Gambar 12. Microsof Word
2. Aplikasi Untuk Database Dan
File Management:
Advanced Db master,Advanced
System PAC,Aladin,Data Ace,dBASE-III,Easy
Filler,Visifile,dan lain-lain.
Gambar 13. dBASE-III
28
3. Aplikasi Untuk Permodelan:
Calc-86,Construction Models,
Microsoft Window, Symphony,Vizualize, VIZA-
CON, The Thinker, dan lain-lain.
4. Aplikasi Untuk Investasi
Manajemen:
Finacial Fastrax, Financial
Software series,Market Maverick,
Optioncalc,stockcal, dan
lain-lain.
5. Aplikasi Untuk Akuntansi:
Account payable,Colorbiz
Inventory,Gneral Ledger System,Inventory control,
Versainventory, dan lain-lain.
6. Aplikasi Penjadwalan Proyek:
Microgantt,Shoebox,Time
Scheduler, Visischedule, dan lain-lain.
7. Aplikasi Untuk Komunikasi Dan
Telekomunikasi:
Ascom, Ethernet,The Micro Link
II, Microterm,Move-it, dan lain-lain.
8. Aplikasi Untuk Garfik:
Auto Cad, Business Graphics,
Corel Draw, Pc-Draw,Graph Magic, Pyxel
Visual, Adobe Photoshop, Fast
Graph, dan lain-lain.
9. Aplikasi Untuk Manipulasi
Printer:
Letrrix, Fancy Font, Nice Print,
Select A Font, Printer Boss,Side Ways, dan
lain-lain.
10. Aplikasi Untuk Manfaat :
Autodex, Sevenware, Side Kick,
The Spooler, Super key,System Backup, UT-
86,The Norton Utilities, dan
lain-lain.
11. Aplikasi Untuk Sorting:
Autosort, fatsort,HBsort, the
Sort, The Sorter, dan lain-lain.
12. Aplikasi Untuk Pendidikan:
FaceMaker, Math Drills,Pc Pal, Pc
pilot,Video Etch,Word Whiz, dan lain-lain.
13. Aplikasi Untuk Permainan:
Apple Panic,
jumpman,Miliionaire,space minner,zork, flight simulator,train
simulator, dan lain-lain.
14. Aplikasi Untuk Statistic:
BMD,Microstat,SPSS, Statpro, TSP,
SAS, dan lain-lain.
29
Daftar Pustaka
Sutanta,Edhy,2005, Pengantar
Teknologi Informasi, Graha Ilmu,Yogyakarta
E.S Margianti, D. Suryadi H.S, 1994, Sistem
Informasi Manajemen, Gunadarma, Jakarta
Hartono,Jogiyanto, 1999, Pengenalan
Komputer, Andi Jogyakarta, Yogyakarta
1. Dibawah ini yang termasuk alat
input, kecuali…
a. Mouse b. Keyboard
c. Printer * d. Scanner
2. Bagian dari system computer
yang berfungsi untuk mencatat hasil pengolahan data
adalah…
a. Unit Input b. Unit Output *
c. CPU d. Secondary Storage
3. Alat apakah yang digunakan
untuk mengatasi masalah kapasitas floppy disk...
a. Zip Drive * b. CD-Room
c. Hard Disk d. DVD
4. Disebut Apakah alat yang
digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media
kertas atau film…
a. Soft copy device b. Hard copy
device *
c. printer d. Plotter
5. Soft copy device adalah alat
untuk…
a. Mencetak pada kertas b.
Mencetak pada media lunak *
c. Mencetak pada film d. Mencetak
pada media keras
6. Diantara type printer dibawah
ini yang termasuk printer berkecepatan tinggi adalah...
a. Line printer * b. Dot matrix
printer
c. Inkjet Printer d. Daisy wheel
printer
7. Pada tahun berapakah system
operasi pertama kali di kembangkan...
a. 1945 b. 1960
c. 1965 d. 1954 *
8. Sistem operasi apakah yang
pertama kali menggunakan high level langguage...
a. Windows b. Linux
c. Unix * d. MS-Dos
9. Dibawah ini mana yang bukan
termasuk paket pengolah kata (word processor)…
30
a. VisiCalc * b. Electric Pencil
c. Word Star d. Microsoft Word
10. Dibawah ini manakah yang
merupakan paket aplikasi untuk pendidikan…
a. Fancy font b. Math Drils *
c. SAS d. MicroTerm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar